SIMP4TIK News - Lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Teknologi Tepat Guna unggulan dan posyantek berprestasi tingkat nasional tahun 2023 di laksanakan di Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan secara via zoom oleh PMD Nunukan, Rabu (24/5).

"Awal idenya karena saya melihat tumpukan sampah di pesisir pantai, dimana petani rumput laut yang kurang memperhatikan lingkungan. Jika pelampungnya sudah di gunakan di buang begitu saja makanya terjadi penumpukan sampah plastik di pesisir pantai. Maka dengan ini kami bersama teman - teman yang peduli dan cinta terhadap lingkungan ayok kita sama - sama membuat produk yang ramah lingkungan seperti yang sudah ada ini pelampung kapsul yang ramah lingkungan sehingga bisa di gunakan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pembudidaya  rumput laut," tutur Andi Maskur selaku inovator TTG unggulan produksi pelampung kapsul ramah lingkungan. 

Maskur menjelaskan manfaat dan keuntungan dari pelampung kapsul, sekali beli bisa di gunakan sampai 2 tahun, di banding dengan botol air mineral biasa itu sekali pake langsung di buang sekitar 40 hari setelah panen. 

"Lebih ekonomis bagi pembudidaya rumput laut untuk menggunakan pelampung kapsul ramah lingkungan yang kami buat ini. Adapun untuk harga yang minimalis harga Rp. 3.000 dan yang besar untuk pelampung pondasi Rp. 5.000 untuk pembeli sekarang ada di Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik dan ada juga pernah sekali kami melakukan penjualan keluar daerah Nunukan," tambahnya.

Dengan terbentuknya bank sampah Borneo Bersinar bisa mendapat bantuan dari pemerintah seperti mesin hingga proses produksinya lebih cepat agar bisa membantu melayani masyarakat yang ada di Kalimantan Utara khususnya di Nunukan. 

Kemudian, harapan dari mengikuti lomba tingkat nasional ini kalau juara Alhamdulillah tapi setidaknya bisa memperlihatkan bahwa di Kalimantan Utara khususnya Kabupaten Nunukan ini ada suatu produk yang lebih unggul dari daerah lain dan bermanfaat bagi pembudidaya rumput laut.(*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom