SIMP4TIK News - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian menggelar Forum Group Discussion (FGD) Pengelolaan Metadata Statistik hari kedua di ruang VIP lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (14/11). Agenda di hari kedua ini adalah pengisian kertas kerja serta evaluasi yang dipandu langsung oleh tim BPS Kabupaten Nunukan.

Adapun peserta yang hadir diantaranya adalah Sekretariat Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

Kepala Dinas Kominfo, Kaharuddin mengharapkan komitmen dari peserta FGD dalam pengisian kertas kerja yang dibagikan. Ia juga mengatakan tujuan dari acara ini adalah agar bisa membangun metadata statisik sektoral Kabupaten Nunukan.

Sementara itu Rahardian, narasumber FGD yang berasal dari BPS mengaku cukup puas dengan antusias peserta.

"Sebagian dari peserta sudah berhasil menyusun metadata dan sebagian masih belum selesai. Namun diharapkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama bisa selesai metadatanya agar bisa melaksanakan kegiatan tahun 2024 dikegiatan statistic," ujar Rahardian.

Ia juga mengatakan bahwa acara hari ini sangat bagus karena statistik sektoral sangat penting untuk data Kabupaten Nunukan.

"Pertama kita harus menyusun metadata dulu agar terjadi kesepahaman konsep dan definisi di level kabupaten/kota. Kemudian di level dinasnya agar kita cocokkan sama yang punya BPS,” tambah Rahardian.

Salah satu peserta yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengatakan bahwa pengisian kertas kerja untuk sementara masih aman karena tadi sudah dipandu oleh salah satu anggota tim BPS. Untuk langkah selanjutnya ia berharap tidak banyak mengalami kendala.

(Penulis: Nur Hasnawiyah Mahasiswa magang jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS