SIMP4TIK News – Menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait pengaktifan BTS disejumlah kecamatan di Nunukan, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan  melakukan koordinasi ke BAKTI Kementerian Kominfo di Jakarta

“Untuk BTS yang telah dibangun namun belum on air, sesuai informasi yang diperoleh dari Bakti BTS tersebut akan segera on air karna proses hukum yang terjadi terhadap kasus korupsi BTS akan segera diputuskan,” lapor Rahmansyah SKom, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Nunukan melalui  WA kepada Kadis Kominfo Kaharuddin, Jumat (17/11).

Kepastian ini diperoleh Rahmansyah saat mendampingi Kabid Informatika Akmal SKom MAP melakukan pertemuan dengan pihak BAKTI di Jakarta.

Selain mengaktifkan BTS yang sudah ada, pihak BAKTI akan melakukan pembangunan BTS kepada daerah yang selama ini sudah masuk target pembangunan.

“Untuk wilayah yang masuk target pembangunan dalam waktu dekat juga akan segera dibangun,” jelasnya.
Dalkam pertemuan yang berlangsung di ruang Rapat BAKTI Diskominfo itu, turut dihadiri utusan dari Diskominfo Propinsi Kaltara. Salah satu yang turut menjadi pembahasan adalah upaya peningkatan akses internet BAKTI melalui very small aperture terminal (VSAT).

“Dalam pertemuan antara pihak diskominfo kabupaten nunukan dengan bakti dibahas juga terkait program instalasi Very Small Aperture Terminal (VSAT) Remote Terminal Ground Segment (RTGS) Hughes Network System (HNS) Akses Internet Tahun 2023,” katanya.  

Rahmansyah menambahkan semua itu dilakukan untuk  utilisasi SATRIA-1 oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kabupaten/Kota Bapak/Ibu akan dimulai dalam waktu dekat.(*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim