Nunukan, SIMP4TIK - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura SE MM PhD menyambut baik diadakannya Diseminasi dan Sosialisasi Kepatuhan Pembayaran Pajak atas Dana Desa melalui Raport Pajak Dana Desa dan Sinergi Antar Instansi Pemerintah di lantai V Kantor Bupati, Kamis (12/09/2024). 

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tarakan dan Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Perwakilan Nunukan serta Badan Pusat Statistik Nunukan. 

Menurut Bupati kegiatan itu mendukung penggunaan dana desa yang bertanggung jawab termasuk pembayaran pajaknya. 

"Kegiatan ini menuntun setiap pihak yang terkait khususnya Kepala Desa di dalam menggunakan Dana Desa untuk pelaksanaan program dan kegiatan di desa yang anggarannya berasal dari dana desa disertai dengan tanggung jawab membayarkan pajaknya tepat waktu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku," katanya. 

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kepala Seksi Pengawasan KPP Pratama Tarakan yang telah menampilkan data progres Kepala Desa yang telah melakukan pembayaran pajak maupun yang belum.

Dari data yang ditampilkan, ada beberapa Kepala Desa belum membayar pajak kegiatan tahun 2023.

"Terima kasih atas informasinya, informasi itu sangat berarti sehingga tadi saya langsung foto dan bagikan kepada seluruh Camat melalui WA Group Camat," katanya.

Sebelumnya Kadis PMD, Helmi Pudaaslikar melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini. Yaitu pemerintah daerah ingin meningkatkan kepatuhan membayar pajak bagi Kepala Desa selaku pengguna anggaran dana desa.

"Selain itu menjadi wadah untuk memberikan pemahaman peraturan  perpajakan daridana desa dan secara keseluruhan mendukung pengelolaan dana desa yang lebih baik,efektif dan akuntabel," katanya. 

Terkait launching Desa Cinta Statistik Helmi menjelaskan adanya desa cinta statistik ini mendukung penyusunan program pembangunan di desa yang berbasis data. 

"Bentuknya kira-kirairip dengan Kabupaten dalam angka hanya saja untuk Desa Cantik ini lokusnya di desa," jelas Helmi. 

Launching Desa Statistik dilakukan Bupati terhadap Desa Tanjung Karang Kecamatan Sebatik sebagai desa percontohan.Selanjutnya akan dikembangkan ke desa yang lain seperti ke desa BinaLawan Sebatik Barat dan desa-desa lainnya. 

Acara ini diikuti peserta dari Camat dan Desa se-pulau Sebatik atas fasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nunukan dengan Nara sumber dari Kantor Perpajakan Pratama Tarakan, Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Nunukan, DPMD dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. (*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom