Nunukan, SIMP4TIK - Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid membuka Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu Ke-3 dan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Nunukan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 Kabupaten Nunukan di Halaman Rumah Adat Tidung Desa Binusan, Sabtu malam (20/7/2024).

Ketua adat suku tidung Kabupaten Nunukan Surai menyampaikan, kegiatan Iraw ini merupakan pesta rakyat untuk menjalin silaturahmi antar suku tidung yang berada di empat negara serumpun. Diungkapkan Surai peserta iraw kali ini sangat ramai dibanding tahun sebelumnya.

"Iraw merupakan pesta rakyat untuk menjalin silaturahmi antar suku tidung yang berada di empat negara serumpun yakni, Indonesia, Malaysia, Philipina dan Brunei Darussalam. Dibanding tahun sebelumnya, peserta iraw kali sangat ramai yang mana pesertanya mencapai 2,500 orang," ungkapnya.

Ditempat yang sama Bupati Laura menyatakan rasa bangganya menyaksikan tumpah ruah masyarakat yang hadir baik dari masyarakat nunukan maupun dari negara serumpun. 

"Kita saksikan sendiri tumpah ruah masyarakat sangat luar biasa, ada ribuan masyarakat yang hadir baik dari nunukan maupun dari negara serumpun. Tentu saya sebagai pemerintah daerah sangat berbangga dengan adanya acara ini, mudah - mudahan acara seperti ini dapat terus kita laksanakan disetiap tahunnya," ujarnya.

Menurut Laura kegiatan Iraw ini selain untuk menjalin silaturahmi, juga merupakan salah satu cara melestarikan budaya -budaya tidung serta menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Dikatakan Laura, kedepan pemerintah akan terus mendorong seni dan budaya yang ada di Kabupaten Nunukan, untuk dapat berkembang lebih maju dan lebih baik lagi dalam rangka menciptakan karakter masyarakat yang berbudaya.


 

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom