SIMP4TIK News - Masih dalam Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE MSi menghadiri sekaligus membuka event olahraga Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Nunukan di Stadion Sei Bilal, Minggu (20/8).

Walau diguyur hujan Event olahraga tradisional ini antar siswa siswi SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Nunukan tetap dilaksanakan dengan total peserta 619 orang.

Wakil Bupati Nunukan sekaligus Ketua Portina H. Hanafiah mengatakan event olahraga tradisional ini kedepannya sangat penting bagi Kabupaten Nunukan karena kegiata-kegiatan olahraga ini dapat membangun jasmani dan rohani dan sangat disayangkan apabila olahraga tradisional ini dilupakan karena akibat olahraga-olahraga lain yang sudah sangat berkembang.

“Dengan PORTINA ini kita ingin memelihara, menjaga, agar olahraga tradisional yang dimiliki masyarakat Nunukan dan Nasional yang masih hidup di tengah-tengah masyarakat kita. Sebab olahraga tradisional ini merupakan warisan dari budaya kita yang mungkin sudah ratusan tahun lalu yang sudah dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kita," tegas Hanafiah.

Saridin selaku guru SDN 003 Nunukan Selatan berharap persiapannya lebih matang lagi, karena sebelum event dilaksanakan edaran itu hanya seminggu diberitahukan sehingga belum sempat menyiapkan persiapan yang matang.

“Walaupun belum ada persiapan yang matang, Alhamdulillah tarik tambang juara 1 untuk putri dan putra juara 4,” ujar saridin.

Teks/Foto : Desi Herwanti (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS