SIMP4TIK News - Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Utara melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Nunukan menggelar acara pelatihan UMKM, festival KUR/UMI dan Bazar UMKM yang standnya berada di Halaman Kantor KPPN Nunukan, Rabu (26/7).

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD  didampingi Sekretaris Daerah Serfianus, S IP MSi menghadiri sekaligus meninjau bazar UMKM kemudian beberapa barang jualan para pelaku usaha dibeli oleh Bupati langsung.

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan mengatakan jika saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan solusi terbaik untuk menghadapi situasi perekonomian yang belum pulih pasca pandemi kemarin. Jika para pelaku usaha benar - benar mengelola secara kreatif, manajemen tertata rapi dan disertai inovasi yang menarik, maka sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk terus maju dan berkembang.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada perwakilan Kementerian Keuangan yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Saya juga berjarap para pelaku UMKM di Nunukan bisa belajar tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan UMKM,” ujar Laura.

Bupati juga berharap, melalui kegiatan pelatihan ini para peserta bisa menjadikannya sebagai sebuah wadah yang efektif untuk mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Kepala KPPN Kabupaten Nunukan Budi Sukoyo akui ingin berperan aktif untuk tetap memberikan dorongan kepada UMKM agar tumbuh dan berkembang. Tentunya, hal tersebut harus didukung dengan pengetahuan, daya saing dan ijin usaha. 

“Jangan sampai kita memberikan edukasi dan tidak memberikan solusi. Begitupun pelaku usaha harus gigih mengembangkan usahanya, mampu menciptakan kiat-kiat tumbuh kembang agar usahanya tidak begitu - begitu saja,” imbuh Budi.

Usai sambutan, Bupati Nunukan bersama Sekretaris Daerah melakukan peninjauan stand UMKM yang sudah terpasang dihalaman kantor KPPN Nunukan.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom