SIMP4TIK News - Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD beserta Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menghadiri kegiatan pelepasan jamaah haji Kabupaten Nunukan tahun 1444 hijriah tahun 2023 Masehi yang bertempat di Masjid Agung Al - Mujahidin di Jl. Pasar Baru Nunukan, Jumat (26/5).

Berdasarkan laporan Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, bahwa calon jamaah haji Kabupaten Nunukan tahun ini sebanyak 114 orang di tambah 1 orang petugas PHD (Pengurus Haji Daerah) yakni Drs. Muhammad Amin, sehingga total keseluruhan calon jamaah haji dari Kabupaten Nunukan menjadi 115 orang. Insha Allah calon jamaah haji kita akan berangkat dari Nunukan ke Tarakan kemudian dari Tarakan ke Balikpapan itu tanggal 30 Mei dan di terima secara resmi oleh tim emberkasi Balikpapan itu tanggal 31 Mei sekitar pukul 09.00 pagi. 

Calon jamaah haji Kabupaten Nunukan ini tergabung dalam kloter 5 emberkasi Balikpapan dan diberangkatkan tanggal 1 Juni pukul 08.55 pagi dari bandara Balikpapan dan tiba di Madinah tanggal 1 Juni pukul 16.55 sore waktu Arab Saudi. Setelah melaksanakan ibadah haji akan kembali ke tanah air tanggal 13 Juli tahun 2023 dan tiba di emberkasi Balikpapan pukul 14. 40 WITA.

"Karena kebanyakan calon jamaah kita lanjut usia jadi kita bagi 2 keberangkatan, yang dari sebatik langsung menuju Tarakan dan nanti ketemunya di Tarakan," ujar H.M Shaberah, S Ag MM. 

Kepala kantor agama juga menerangkan bahwa sampai saat ini daftar tunggu calon jamaah haji Kabupaten Nunukan yang terdaftar di kementerian agama jumlahnya 4.360 orang, kalau di bagi 115 pertahun itu sekitar 37 tahun baru bisa berangkat. Semoga ada keajaiban - keajaiban penambahan.

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan menyampaikan rasa syukur karena tahun ini kita bisa memberangkatkan calon jamaah haji Kabupaten Nunukan dan sudah seharusnya kesempatan ini di pergunakan sebaik - baiknya dan semaksimal mungkin untuk beribadah.

"Saya berpesan kiranya bapak ibu dapat benar - benar melaksanakan dan memenuhi berbagai tuntunan manasik yang telah disampaikan dan diterima dalam berbagai kegiatan pembinaan sebelumnya, semoga kesempatan tahun ini dapat mewujudkan keinginan bapak / ibu sekalian untuk dapat mencapai derajat haji mabrur kelak," terang Laura.

Lanjut, Bupati menghimbau dan mengingatkan kepada para calon jamaah haji bahwa selain menunaikan kewajiban rukun Islam kelima, kepergian bapak dan ibu juga secara tidak langsung membawa nama baik Kabupaten Nunukan dan nama baik bangsa pada umumnya. Karena itu saya berharap kepada seluruh jamaah, untuk selalu mentaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntunan ibadah, dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sebaik - baiknya serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal'afiat," tambanya.

"Lebih dari itu saya berharap kiranya calon jamaah haji Kabupaten Nunukan bisa menjadi suri tauladan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini bagi jamaah dari daerah - daerah lain," imbuhnya.(*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom