SIMP4TIK News - Dengan diadakannya perlombaan Pekan Nasional (PENAS XVI) Petani dan Nelayan  yang berlangsung di kota Padang Provinsi Sumatera Barat, maka Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid hadir pada acara pelepasan keberangkatan peserta kontingen Kabupaten Nunukan yang akan ikut dalam perlombaan PENAS XVI. Pelepasan ini berlangsung di Pelabuhan PLBL Liem Hiejung Nunukan Rabu, (07/06).

Adapun ajang PENAS XVI ini dihadiri oleh seluruh pelaku usaha dan pelaku utama di sektor pertanian dalam arti luas seluruh Indonesia. Tentunya masing-masing daerah akan menampilkan kemajuan dan keunggulan tata kelola pertanian, sehingga hal ini akan sangat menunjang bagi para petani dan nelayan di kabupaten Nunukan dalam memajukan usaha pertanian termasuk kelautan dan perikanan serta kegiatan budidaya di subsektor masing-masing.

"Perlunya membangun sektor pangan dengan memperhatikan fakta bahwa pangan merupakan kebutuhan wajib, sementara Nunukan masih memiliki banyak keterbatasan ketersediaan pangan terutama beras, kedelai, jagung dan daging. Selain itu kebutuhan pangan terus meningkat sebab pertambahan dan perkembangan penduduk, sementara kabupaten Nunukan memiliki potensi dan areal atau lahan yang dapat dikembangkan serta difokuskan dalam penyediaan pangan utama baik padi, jagung, ubi kayu dan ikan," ujar Laura. 

Bupati juga berpesan peserta harus bisa melakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi). Agar para peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya forum PENAS XVI tersebut melalui pertemuan, diskusi, pameran, studi banding, peragaan serta tukar-menukar informasi dan teknologi dengan peserta lainnya. Karena semua itu sebagai ajang pembelajaran untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan, yang selanjutnya dapat di terapkan dan di kembangkan, serta dapat di sebarluaskan kepada petani dan nelayan lain yang kebetulan belum sempat mengikuti kegiatan ini. 

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS