SIMP4TIK News - Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD bersama Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan, H. dr. Dulman L., M.Kes., Sp OG menyambut kedatangan Tim Surveyor Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di Pelabuhan Pos Lintas Batas Laut Liem Hie Djung Nunukan. Selain Bupati dan Direktur RSUD Nunukan, agenda penyambutan juga dihadiri oleh beberapa dokter serta staf rumah sakit, Senin (4/12).

Adapun Tim Surveyor KARS terdiri dari 2 (dua) orang, diantaranya dr. Alexander HM Sinaga, MARS dan Enny Herawati, SKM, FISQua yang akan melakukan penilaian terhadap peningkatan mutu pelayanan untuk akreditasi RSUD Nunukan.

Selaku Bupati Nunukan, Laura menyampaikan bahwa mendukung kegiatan akreditasi yang dilakukan untuk RSUD serta seluruh Puskesmas Nunukan serta mempersiapkan sebaik mungkin.

"Kita sangat mendukung kegiatan akreditasi ini, dimana kali ini bukan hanya RSUD Nunukan tetapi juga akreditasi terhadap seluruh Puskesmas di Nunukan, jadi saya sampaikan bahwa RSUD dan seluruh Puskesmas dapat mempersiapkan sebaik mungkin agar semua hasil dapat mendapatkan nilai yang paripurna," ucapnya.

Lalu, Bupati Nunukan tersebut berharap tingkat paripurna dapat dipertahankan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Nunukan.

"Tentu kita berharap RSUD serta seluruh Puskesmas bisa mendapatkan hasil Paripurna, karena dengan hasil itu kita bisa memastikan bahwa pelyanan kesehatan kita itu meningkat, serta sisi positifnya, yakni salah satunya kita bisa mendapatkan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), karena bantuan bisa diberikan ketika rumah sakit telah terakreditasi," harap Laura.

Hal sama juga disampaikan oleh Direktur RSUD Nunukan, dr. Dulman mengatakan tujuan akreditasi selain untuk mempertahankan tingkat Paripurna, yaitu peningkatan mutu pelayanan yang terstandarisasi.

"Tujuannya selain untuk mempertahankan tingkat paripurna, akreditasi ini juga bertujuan bagaimana meningkatkan mutu pelayanan yang terstandarisasi secara Nasional, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang baik serta terhindar dari dampak kesalahan saat melakukan pelayanan di RSUD Nunukan," ujar dr. Dulman.

Kegiatan akreditasi akan dilakukan selama 2 (dua) hari yakni Selasa, Rabu dan Kamis pada tanggal 5 hingga 7 Desember 2023 dengan tim penilai dari KARS.

Teks/Foto : dr Sofyan Effendy, M.Kes (Tim Publikasi RSUD NUNUKAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom