SIMP4TIK News - Ciptakan pemilu damai,  TNI-Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan harus netral.

Menurut Komandan Kodim  0911/Nunukan, Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung, apabila terintegrasi jiwa netralitas antar TNI Polri dan Aparatur Pemda Kabupaten Nunukan maka terciptalah pemilu yang aman dan tentram.

"Bagaimana pemilu di Nunukan itu aman damai tentram dan kondusif, yaitu dengan jiwa netralitas yang ada di tiap tiap bagian TNI Polri, dan Aparatur pemda itu harus netral," ujar  Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung, seusai Apel Gelar Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Lapangan Upacara Makodim 0911/Nunukan, Rabu (8/11/2023).

Lanjut, Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung, menyebut peran TNI dalam pengamanan pemilu selain untuk pengamanan membatu mensukseskan pesta demokrasi dan bertugas untuk pengawalan logistik pemilu, ketempat-tempat rawan, yang tidak bisa terjangkau seperti beberapa daerah di krayan dan daerah Limbis seperti di Labang, yang medannya sulit di akses oleh kendaraan, diantar sampai ditempat dan dipikul.

Sejauh ini, Letkol Inf Albert Frantesca, menilai  Masyarakat Nunukan kondusif, namun tetap diantisipasi, agar bagaimana masyarakat tidak ribut antar para pendukung, itulah peran kami bersama pemda.

"Dengan personel yang ada dan gabungan dari TNI Polri dan Satpol-PP cukup kalau semua bergandeng tangan menjaga wilayah perbatasan Nunukan ini. Dari TNI juga dapat Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Batalion 613 sebanyak 650 personil," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia mengatakan kesiapan personil sebanyak 350, siap dalam pengamanan pemilu, dan dalam rangka pendistribusian logistik hingga ke TPS masing-masing.

"Tugas kami ikut mengawal selama tahapan pemilu, mengawal pendistribusian logistik dan memastikan aman sampai ke TPSnya, lainnya lagi karena kita berada di perbatasan siapa tau ada pergerakan masa tiba-tiba dari luar, kita sudah siap dengan personel kita," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS