SIMP4TIK News - Tim Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Sebatik Timur berhasil melakukan evakuasi seekor buaya yang terjebak di parit depan rumah warga di Jalan Ahmad Yani RT 05 Sungai Pancang Kecamatan Sebatik Utara pada Rabu (10/5) malam.

Kasi Bantuan Penyelamatan Dan Evakuasi, Aristra Pratama Sanmigo mengatakan, setelah menerima laporaan dari warga bernama Darwis, yang melaporkan ada seekor buaya terjebak diparit depan rumah warga, dan meminta pihak damkar untuk membantu mengevaluasi hewan tersebut.

Tim yang yang dipimpin langsung Komandan Pleton (Danton) Tim Rescue Damkar sektor Sebatik Timur, Abdul Wahid bersama 5 orang anggotanya, langsung menuju lokasi dimaksud untuk melakukan evakuasi.

"Menerima laporan tersebut tim Rescue Damkar pun bergegas kelokasi, dan langsung melakukan evakuasi terhadap hewan reptil tersebut," terang Aristra, Jumat (12/5/2023).

Menurut Aristra, evakuasi dimulai pukul 22.57 Wite sampai 00.30 Wita, adapun alat yang di gunakan diantaranya tali karmantel dinamis dan penjepit ular.

"Karena hewan ini cukup berbahaya, sehingga dalam melakukan evakuasinya,kita memang harus hati-hati dan penuh perhitungan, sekitar 1 jam lebih akhirnya buaya sepanjang 2 meter berhasil dievakuasi," ujar Aristra.

Lanjut Aristra setelah dievakuasi, hewan reptil ini dilepasliarkan kembali, ke tempat yang jauh dari pemukiman warga.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS