Nunukan, SIMP4TIK - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan organisasi profesi wartawan pertama dan tertua di Indonesia, hal ini disampaikan Kaharuddin, SS Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Nunukan.

“Kita berharap dengan adanya organisasi PWI ini dapat melaksanakan tugas dan fungsi wartawan di Kabupaten Nunukan bisa lebih baik lagi,” ujar Kaharuddin saat ditemui diruang kerjanya usai menghadiri pelantikan PWI.

Tentunya kita bersyukur, lanjut Kaharuddin atau akrab disapa Kahar. Jurnalis yang melaksanakan tugas di Kabupaten Nunukan sudah memiliki wadah dalam satu organisasi yaitu PWI.

Pria yang memiliki latar belakang jurnalis ini menyampaikan perbedaan jurnalis yang dulu dan sekarang. “Saat ini pelaksanaan fungsi dan tugas wartawan lebih mudah dibanding masa lalu. Dengan adanya perkembangan digital segalanya dipermudahkan.” katanya, Senin (15/1/2024)

Ayah dari satu orang anak ini menambahkan bahwa banyak hal yang bisa dibenahi oleh wartawan - wartawan yang tergabung dalam PWI. Dari segi pengelolaan informasi yang persaingannya luar biasa dan begitu juga media, bahkan industri media pun sangat luar biasa.

“Diharapkan juga jurnalis dapat mengelola informasi yang didapatkan untuk disebarluaskan kepada publik,” lanjutnya.

Dengan adanya pelantikan ini serta pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang nantinya akan dilaksanakan diharapkan agar bisa menjadi wartawan yang berkompeten dan profesional dalam bekerja.

Terkait pejabat publik, apapun konsekuensinya kita tetap berkewajiban menyampaikan informasi secara transparan kepada masyarakat.

“Apapun masukan atau saran dari masyarakat yang disampaikan oleh wartawan tidak semua dibahasakan sebagai kritik, tapi justru jadi sumbangsih pemikiran dari masyarakat melalui media kepada pemerintah,” imbuhnya.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom