SIMP4TIK News – Kabupaten Nunukan akan segera menggantikan dermaga kayu di Kecamatan Sembakung yang kondisinya saat ini rusak parah akibat fenomena alam di wilayah itu. 

Terjadi pendangkalan yang mengarah ke sisi dermaga. Ketika air surut, dermaga tidak bisa turun dan sebaliknya, saat air pasang dermaga tidak bisa naik.

Sebelumnya, dermaga jenis HDPE merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2012.

Kepala Bidang Prasarana pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan, Andi Joni menyebutkan dermaga baru akan dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023 oleh Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat.

"Kita sudah melakukan peninjauan kelapangan bersama tim pendamping dari Kejaksaan ke Dermaga yang diberi nama Jang Kida ini mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 39 miliar," terang Andi Joni.

Ia menerangkan pembangunan Dermaga Jang Kida diusulkan dari Dishub Kabupaten Nunukan kepada Kementerian Perhubungan mengingat kondisi fisik dermaga sebelumnya sudah tidak layak pakai lagi. 

Karena, Kabupaten Nunukan satu diantara 67 Kabupaten Kota di Indonesia yang menerima bantuan anggaran pembangunan fasilitas umum dari Kementerian Perhubungan. 

Maka Dishub Kabupaten Nunukan kemudian menetapkan anggaran bantuan yang diperoleh digunakan untuk pembangunan Dermaga Jang Kida di Kecamatan Sembakung.

“Pilihan itu juga mempertimbangkan banyaknya dampak positif yang muncul dengan terbangunnya dermaga baru tersebut,” imbuh Andi Joni.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom