SIMP4TIK News - Sebenarnya untuk kloter Kaltara itu 4 dan 5, kloter 4 itu di isi Bulungan, Malinau dan Tarakan, karena jumlah kapasitas pesawat sekitar 300 sementara jumlah calon jemaah haji kaltara sekitar 450 makanya khusus kloter Nunukan di pisah sendiri dan bergabung di dalam kloter Kaltim karena jumlah sekitar 114 dan kapasitas pesawat yang akan menerbangkan itu sekitar 299 dan sekitar 170 jamaah dari Kaltim dan  gabung informasinya jamaah dari Samarinda.

Sebagaimana yang di sampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Nunukan kita terbagi menjadi tiga rombongan yang dalam tiga rombongan ini berjumlah 120 orang dan di dalamnya ada yang namanya Petugas Haji Daerah (PHD), petugas haji daerah ini bekerja di dalam kelompok terbang (kloter) dan tergabung di dalam kelompok 5.

"Insha Allah kita bukan hanya mendampingi jamaah kita yang dari Nunukan yang jumlahnya tadi 114 di tambah petugas jadi 120. Kita juga akan di temani dari petugas haji yang lain yaitu dari Kalimantan Timur yang itu jumlahnya ada 7 atau 8 orang," ujar Muhammad Amin saat dimintai keterangan, Jumat (26/5).

Lanjutnya, sebagai pendamping jamaah haji dan selaku perwakilan dari pemerintah Kabupaten insha Allah akan melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan amanah  bagaimana bisa mendampingi jamaah haji dalam kloter terkhusus jamaah haji dari Kabupaten Nunukan. Karena ini bukan hanya membawa nama Kabupaten dan juga provinsi tapi membawa nama baik negara di Arab Saudi nanti. 

Muhammad Amin juga menambahkan, untuk tahun 2023 ini karena pembatasan sudah di cabut,  untuk tahun lalu itu hanya 50 persen dari kuota yaitu 114 karena masa pandemi, dan untuk tahun ini di buka seluasnya bahkan yang di prioritaskan adalah lansia dan motto jamaah haji tahun ini adalah jamaah haji ramah lansia, jadi untuk tahun ini tidak ada batasan umur. Jadi kalau kita lihat tahun ini hampir 70 persen adalah calon jamaah haji lansia. Jadi Insha Allah dengan kolaborasi antara ketua rombongan, ketua regu, dari PHD dan petugas kloter, kita akan bekerja sama dengan baik bagaimana betul - betul melayani calon jamaah kita terutama yang lansia tadi. Jadi mohon doanya juga untuk rekan - rekan media semoga kami dan jamaah bisa melaksanakan tugas dengan baik, melaksanakan ibadah dengan aman lancar sesuai dengan tuntunan dan mencapai predikat haji yang mabrur.(*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom