SIMP4TIK News - Dalam rangka peningkatan pelayanan ataupun penyelenggaraan Kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan dan sebagai upaya persamaan persepsi terhadap Kearsipan di Kabupaten Nunukan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan akan menyelenggarakan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang akan dilaksanakan pada Rabu, 22 November 2023. Kemudian akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Kearsipan selama tiga hari, mulai tanggal 22-24 November 2023 di Ruang Rapat Lantai 5 Kantor Bupati Nunukan.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri oleh Direktur Kearsipan Daerah 1 Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari pencatat surat dan admin masing-masing perangkat daerah dalam Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Kepala DPK, Joko Santosa berharap OPD dapat memperlakukan dan mengelola arsip dengan baik.

"Untuk pencanangan GNSTA, harapan saya dalam hal itu tumbuh kesadaran kolektif, yaitu merupakan keyakinan, ide, sikap dan moral dari para OPD untuk tumbuh bersama-sama sehingga terbentuklah ekosistem dari OPD yang memperlakukan atau mengelola arsip dengan baik," ujar Joko, Senin (20/11).

Adapun materi yang akan disampaikan dalam penyelenggaraan Bimtek tersebut yaitu pada hari pertama dan kedua terkait pengelolaan arsip dinamis terkhusus dalam operasionalisasi aplikasi SRIKANDI khususnya masalah pemberkasan terhadap dokumen sebelum dan pasca penerapan aplikasi SRIKANDI. Kemudian hari kedua dan ketiga mulai siang hingga sore dilanjutkan dengan hari Jumat akan dilaksanakan Bimtek terkait Pengelolaan Arsip Statis mulai dari dasar-dasar pengelolaan arsip statis hingga penyelamatan arsip statis itu sendiri.

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom