SIMP4TIK News - Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan menggelar acara Kick Off Inovasi dan Launching Kamus Bahasa Tidung yang berlangsung di Ruang Rapat VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (13/12).

Kepala Dinas Pendidikan Akhmad, SIP MSi mengungkapkan, dari hasil asesmen nasional Kabupaten Nunukan masih berada pada posisi terendah dalam hal literasi dan nomerasi. Ini menjadi tantangan bagi Dinas Pendidikan bagaimana meningkatkan literasi bagi peserta didik baik dari tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Nunukan. Untuk meningkatkan hal tersebut butuh kerja sama dari berbagai pihak,
Salah satunya yaitu Tim Inovasi Kalimantan Utara.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada tim inovasi kaltara beberapa waktu lalu sudah memberikan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Pendidikan yaitu bantuan buku bacaan peserta didik. Sebanyak 70 SD yang ada di Kabupaten Nunukan telah mendapatkan bantuan buku berjumlah 395 ribu eksemplar," ucapnya.

Dikesempatan kali ini Disdik juga melaunching Kamus Bahasa Tidung. Seperti yang kita ketahui di Indonesia terdapat sekitar 718 bahasa daerah, namun  banyak kondisinya yang terancam punah. Penyebabnya adalah karena penutur sejati yang tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasanya ke generasi berikutnya.

"Tujuan diluncurkannya kamus bahasa tidung ini adalah untuk melestarikan budaya bahasa lokal masyarakat daerah Kabupaten Nunukan, sebagai kepedulian kami terhadap hasana budaya bangsa yang kian hari kita rasakan kian memudar," tutur Akhmad.

Akhmad juga berharap kamus bahasa tidung ini bisa menjadi salah satu materi muatan lokal di sekolah.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom