SIMP4TIK News - Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan menggelar Bimbingan Teknis Pembinaan Pengelolaan Dana BOSP Perencanaan Berbasis Data dan Survei Lingkungan Belajar Jenjang Paud bertempat di Ballroom Hotel Laura, Sabtu (16/9).

Membuka kegiatan Bimtek, Kepala Dinas Pendidikan Ahmad mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka mendorong satuan pendidikan untuk melakukan pengelolaan dana dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu juga untuk memberikan bimbingan satuan paud untuk melakukan pengisian perencanaan berbasis data untuk menyediakan pelayanan paud yang berkualitas.

Mewakili Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD, Kadis Pendidikan berharap agar peserta bimtek dapat memperhatikan materi untuk diterapkan di paud masing-masing. Tidak hanya itu, kejujuran dan tetap cermat memperdomani seluruh aturan yang ada. Pengawasan pelaksanaan terhadap Dana BOS atau BOSP paud bukan hanya dari internal, inspektorat, namun juga dari swadaya masyarakat.

Survei lingkungan belajar atau sulingjar adalah salah satu bentuk evaluasi internal satuan pendidikan yang mengukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan penunjang pembelajaran pada satuan paud. “Sulingjar paud ini adalah survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas layanan paud bagian dari evaluasi pada sistem pendidikan,” ujar Ahmad.

Kepala Dinas Pendidikan menambahkan, hasil sulingjar paud akan diolah oleh Kemendikbudristek agar satuan paud mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk profil pendidikan sehingga memudahkan satuan paud dalam melakukan perencanaan dalam berbasis data.

Laporan ketua panitia juga disampaikan Hj. Hasbiawati, S IP yang mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan kompetensi serta kapasitas tenaga pendidik dan tenaga pendidikan anak usia dini, terwujudnya tata kelola yang efektif efesien dan akuntabel sesuai aturan yang ada, mendorong satuan pendidikan untuk membuat perencanaan berbasis data dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran satuan paud.

Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bimtek tersebut sebanyak 121 orang yang terdiri dari unsur pendidikan, tenaga kependidikan anak usia dini. 

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom