SIMP4TIK News - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan melakukan aksi jemput bola, ke sekolah-sekolah, untuk perekaman pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun pada 2024 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Nunukan Abdul Hapit mengatakan saat ini Disdukcapil Kabupaten Nunukan bersama dengan Disdukcapil Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan perekaman khusus ke sekolah-sekolah.

"Kita lakukan perekaman bagi pelajar, di SMA 1 Nunukan Selatan, yang saat ini berusia 16 tahun, nanti bila usianya sudah 17 tahun akan dicetak KTPnya," terang Abdul Hapit, Senin (13/11).

Menurut Abdul Hapit, fokus perekaman KTP ini bagi kepada pemilih pemula yang akan mengikuti pemilihan umum (Pemilu) pada 2024.

"'Berdasarkan data D4 pemula yang kami terima dari KPU per 1 November 2023, sekitar 155 pelajar SMA 1 Nusa yang belum melakukan perekaman, kami lakukan pelayanan jemput bola biar maksimal, kami langsung ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Lanjut, Abdul Hapit pada tanggal 24 November 2023 mendatang, Disdukcapil Kabupaten Nunukan bersama dengan Disdukcapil Provinsi Kaltara akan melakukan pelayanan jemput bola bekerjasama dengan pengadilan Agama (PA), melakukan pelayanan kependudukan dan pernikahan massal di wilayah Sembakung dan sekitarnya.

"Kami melakukan pelayanan berkolaborasi dengan PA dimana nanti ada pernikahan massal, maka kami juga akan melakukan perubahan identitasnya dari yang tadi belum kawin menjadi kawin dan mencatat perkawinan," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom