SIMP4TIK News - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan terus melakukan perawatan terhadap lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Nunukan agar dapat berfungsi kembali.

Berdasarkan data sebanyak 1.653 titik lampu PJU yang tersebar di Kabupaten Nunukan hanya 584 yang berfungsi atau menyala sedangkan 1.222 lainnya tidak berfungsi atau mati.

Kasi Prasarana Perhubungan Bidang Darat pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nunukan, Abdul Mukti, ST, menyebut PJU yang ada di Kabupaten Nunukan terbagi pada 3 jenis PJU, masing-masing PJU Solar Cell sebanyak 821, PJU Meterisasi sebanyak 425 dan PJU Fled 180.

"Tahapan pekerjaan kami saat ini masih dalam perawatan, menggunakan alat bahan yang tersisa ditahun 2022," ucap Mukti, saat ditemui diruang kerjannya, Kamis (27/7).

Mukti menuturkan kondisi lampu yang banyak mengalami kerusakan yaitu jenis Solar Cell yang jumlahnya sekitar 800 an ditambah dengan lampu dari kementerian sekitar 180 sehingga total untuk Solar Cell menghampiri 1.000 lampu.

"Kerusakannya ada pada aki, secara pabrik garansi aki itu hanya 2 tahunan, sementara pengadaan Solar Cell itu pada tahun 2011 sampai dengan 2013 , jadi itu sudah sangat lama dan belum ada penggantian," ujar Mukti.

Lainnya lagi ungkap Mukti, dengan berkembangnya teknologi dari tahun ketahun sehingga spek aki pun juga berubah, sehingga untuk mencari spek yang sama dengan yang kita gunakan sangat sulit ditemukan dan jikapun ada harganya juga sangat mahal.

Menyikapi hal tersebut Kasi Prasarana Perhubungan Bidang Darat ini pun membuat trobosan, yaitu untuk lampu PJU Solar Cell akan di alihkan menggunakan daya listrik.

"Karena dari sisi anggaran mahal dan ketersediaan alat yang susah. Trobosan kami akan alihkan lampu PJU Solar Cell menggunakan daya PLN, yang terpakai nantinya hanya tiang dan balonnya, di balonnya akan kami gunakan alat konektor yang menggunakan alat yang bisa, mengubah daya dari DC menjadi AC," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom