SIMP4TIK News - Dinas Kominfotik dan Persandian Kabupaten Nunukan diminta menjadi narasumber pada gelaran Jambore Ranting dan Pesta Siaga di Bumi Perkemahan Nunukan Selatan, Rabu (6/9).

Materi yang dibawakan oleh Diskominfo sesuai tupoksinya yakni Literasi Digital. Bertindak selaku narasumber adalah Pranata Humas, Asa Zumara. 
Menurut Asa sangat penting bagi pelajar untuk memiliki kemampuan literasi digital ini. Berbagai manfaat dan dampaknya harus diketahui oleh pelajar sedini mungkin.

"Teknologi digital itu seperti dua mata pisau. Bisa bermanfaat dan sebaliknya tergantung bagaimana kita menggunakan. Banyak sekali kejahatan di dunia maya. Para pelajar harus mengetahui apa saja dampak dan konsekuensi hukum yang berlaku apabila pengguna internet melanggarnya," terang Asa usai memberikan materi di hadapan 500 peserta jambore. 

Tak lupa dalam memberikan materi Literasi Digital, ia kaitkan dengan nilai-nilai dasa darma pramuka. Seperti contohnya Cyber bullying tidak sesuai dengan dasa darma kedua yang berbunyi "cinta alam dan kasih sayang sesama manusia" serta dasa darma kesepuluh "suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan".

Kegiatan jambore yang resmi dibuka Wakil Bupati, Hanafiah kemarin ini dilaksanakan selama 5 hari, yaitu Selasa sampai Sabtu atau dari tanggal 5 sampai tanggal 9, dengan kegiatan seperti Kegiatan Umum, Keagamaan, Raja Ratu Rimba, Penghijauan Sekitar Bumi Perkemahan, Edukasi Wisata Sae Lanuka Tugu Mandau Lapas, Jambore Got Talent, dan Kegiatan Rotasi.

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS