SIMP4TIK News - Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) di Sekolah Menengah Kejuruan Mutiara Bangsa, Sebatik Induk berlangsung selama dua hari sejak tanggal 10-11 April 2023. Sebagai salah satu syarat kelulusan, pihak sekolah mengundang penguji dari pihak eksternal sekolah. Oleh karenanya, Diskominfo diundang untuk menjadi penguji pada jurusan keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

“Saya dan Pak Amal ditugaskan oleh Pak Kadis menjadi penguji di sekolah Mutiara Bangsa berdasarkan surat permohonan penguji yang masuk minggu lalu. Nah Sekolah Mutiara Bangsa ini ternyata satu-satunya SMK yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di wilayah Kabupaten Nunukan, “ terang Rahmansyah, Pranata Komputer Diskominfotik Kabupaten Nunukan.

Alat yang digunakan untuk menguji terdiri dari komputer, Switch/hub, router mikrotik, dan kabel LAN. Materi yang diujikan kepada 42 siswa SMK Mutiara Bangsa tersebut adalah konfigurasi kabel jaringan, koneksi jaringan dengan menggunakan router microtic sebagai server internet. Dari keseluruhan 42 siswa dibagi menjadi empat kelompok selama ujian berlangsung.

“Nunukan sudah memiliki SMK jurusan TKJ. Ini merupakan peluang besar terciptanya lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK. Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga dibidang jaringan sudah bisa melirik mereka untuk direkrut,” imbuh Rahman ketika ditemui diruang kerja Diskominfotik. (AZ)

Teks/Foto : Asrul (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS