SIMP4TIK News – Sosialisasi Indeks Keamanan Informasi yang digelar via daring menggunakan aplikasi Google Meet dibuka oleh Kepala Dinas Diskominfotik Kaharuddin S.S, Selasa (12/09).

Saat membuka kegiatan ini Kaharuddin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). “Pemerintah Kabupaten Nunukan mendukung penuh seluruh kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Secara khusus penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Siber dan Sandi Negara atas komitmen dan kerja samanya,” ujarnya.

Disamping itu Kaharuddin juga mengatakan bahwa era demokrasi menuntut pemerintah untuk meyediakan layanan yang inovatif, perbaikan efesiensi administrasi dan meningkatkan kualitas layanan publik. Hal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang mempercepat layanan kepada mxasyarakat, menghemat waktu dan biaya. Namun yang harus menjadi penekanan adalah keamanan informasi.

Indeks keamanan informasi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mengukur, menilai, atau mengidentifikasi tingkat keamanan sistem informasi, data, atau infrastruktur teknologi informasi. Ini biasanya mencakup berbagai faktor seperti kerentanan, ancaman, kebijakan keamanan, kontrol, dan praktik terkait keamanan yang digunakan untuk menilai sejauh mana lingkungan informasi suatu organisasi terlindungi dari potensi risiko keamanan. 

Indeks keamanan informasi sering digunakan dalam upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat keamanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi.

“Aset informasi adalah segala sesuatu yang memiliki nilai bagi organisasi dan oleh karenanya harus dilindungi, dikelola, diberi klasifikasi, dianalisis, dan dimitigasi resikonya,” ucap Ivan Bashofi selaku narasumber dari BSSN.

Peserta kegiatan sosialisasi ini berasal dari semua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

 

Teks/foto: Nur Hasnawiyah (Mahasiswa magang jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

 

Teks/Foto : Asa Zumara, SS (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS