Nunukan, SIMP4TIK – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan, persiapkan 5 perpustakaan di Kabupaten Nunukan untuk mengikuti akreditasi.

Plh. Kepala Dinas Perpustakaa dan Kearsipan Maryani, melalui Ahli Pertama Pustakawan Hidir, mengatakan kelima perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan desa dan sekolah yang ada di 3 kecamatan yaitu Sebatik Timur, Sebatik Tengah dan Krayan. 

“Kami utamakan untuk mengusulkan 5 perpustakaan ini karena sudah pernah mendaptakan bantuan 1000 buku, yaitu Sebatik Timur dan Sebatik Tengah masing-masing diusulkan 2 perpustakaan, serta 1 perpustakaan di Krayan,”  terang Hidir, saat ditemui diruang kerjannya, Kamis (13/06/2024).

Menurut Hidir, Akreditasi ini dapat mendorong perpustakaan untuk memenuhi standar tertentu dalam hal koleksi, layanan, dan fasilitas.

“Kita baru punya 1 Perpustakaan yang sudah diakreditasi yaitu perpustakaan daerah kita ini dengan akreditasinya D. Karena itu kita persiapkan lagi 5 perpustakaan untuk mengikuti akrediatasi,” ujarnya.

Hidir menuturkan, pihaknya masih perlu untuk melakukan sosialisasi kepada masing-masing perpustakaan tersebut, terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk kareditasi nantinya.

“Pendaftaran akreditasi gelombang pertama sudah dibuka bulan Juni hingga November 2024 ini, namun masih banyak yang perlu kita persiapkan untuk menuju akreditasi tersebut, salah satunya adalah sosialisasi dan kita belum memiliki cukup anggaran untuk melaksanakan hal tersebut,” ucapnya.

Untuk mendapatkan akreditasi utamanya harus ada Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), jadi kelima perpustakaan ini terlebih dahulu kami dorong untuk malakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan NPPnya.

“Salah satu syaratnya untuk akreditasi perpustakaan harus terlebih dahulu mendaftar ke perpusnas, kalau mau semi ada 6 program kalau dia reguler harus ada 9 program yang harus di penuhi untuk mendapkan akreditasi itu diantarnya layanan, gedung, pengelolaan perpustakaannya, bahan bacaannya dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Lanjut Hidir, pogram ini akan kita usulkan ditahun berikutnya, karena hal ini baru di terima ketika menikuti bimbingan teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bimtek SPP-TIK) yang diselenggarakan oleh DPK Provinsi, pada tanggal 10 sampai dengan 12 Juni 2024, dimana dinas perpustakaan kabupaten/kota se-Kaltara, untuk mengusulkan perpustakaan ikut akreditasi.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom