Nunukan, SIMP4TIK - Sebanyak Sembilan Pasar yang tersebar di Pulau Nunukan, Sebatik dan Lumbis tugas pengelolaannya ada pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan, Khususnya Bidang Perdagangan.

Pada tahun anggaran 2024 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Bidang Perdagangan DKUKMPP Kabupaten Nunukan, mengalokasikan dana operasional pengelolaan pasar kurang lebih senilai Rp324 juta.

Kepala Bidang Perdagangan DKUKMPP Kabupaten Nunukan, Dior Frames, melalui pejabat Pengawas Perdagangan Ahli Muda pada DKUKMPP, Abdul Rahman, mengatakan dana tersebut untuk sembilan pasar yang terdiri dari pasar Yamaker, pasar Malam, pasar Inhutani,  pasar Baru, dan pasar perbatasan sedadap, untuk pasar di Sebatik yaitu pasar Liyang Bunyu, pasar Binalawan, dan pasar Bambangan, serta Pasar Lumbis di Kecamatan Lumbis.

Dalam pengelolaan dan penataan pasar, ada pengurus dan petugas kebersihan pasar, yang ditunjuk dengan Surat Keputusan Bupati Nunukan. 

Setiap pasar berbeda jumlah pengurusnya, bila pasar harian ada sekitar Lima sampai Enam orang pengurusnya, namun kalau pasar kecamatan yang buka satu hari saja paling pengurusnya hanya tiga sampai empat orang.

"Kita memiliki total pekerja sesuai SK Bupati ada sebanyak 26 orang ditambah Camat dan Lurah sebagai koordinator dan pengawas didaerahnya masing-masing," terangnya, Senin  (26/2/2024).

Tugas ketua pengurus pasar yang ditunjuk adalah mengkoordinir dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah di pasar, seperti ketua pasar sebelumnya juga bertugas sebagai pungut retribusi

"Tahun ini berkurang tugas pengurus pasar,  tidak lagi memungut retribusi karena tugas pemungut retribusi diambil oleh Badan Pendapat Daerah (Bapenda) Kabupaten Nunukan," ujar Abudl Rahman.

Abudl Rahman, menegaskan bahwa retribusi pasar sekarang diambil alih oleh Bapenda, karena akan menggunakan pembayaran digitalisasi.

"Pemungutan retribusi pasar akan dikelola langsung Bapenda dengan menggunakan aplikasi  Qris,  sedangkan pengelolaan dan kebersihan pasar tetap dikeloa DKUKMPP," imbuhnya.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS