SIMP4TIK News - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan targetkan pada tahun 2025 sampah di Kabupaten Nunukan akan berkurang  sebanyak 30 persen dari sampah yang dihasilkan saat ini.

Melalui kegiatan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari Ini,  DLH Kabupaten Nunukan mengajak masyarakat di Kabupaten Nunukan untuk peduli terhadap sampah di lingkungannya masing-masing.

Sekretaris DLH Kabupaten Nunukan Freddyanto Gromiko, mengatakan hal tersebut merupakan bagian kita dalam pengurangan sampah.

"Dalam pengolahan sampah kita tahu ada dua hal. Pertama, kita melakukan pengurangan sampah dan juga penanganan. Target kita tahun 2025 Kabupaten Nunukan sudah bisa mengurangi sampah sebesar 30 persen," ujarnya.

Menurut Freddy dalam penanganan sampah, diimbau kepada seluruh masyarakat agar memilah sampah-sampahnya, sehingga sampah yang residu atau sudah tidak dapat digunakan lagi yang akan di buang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sedangkan untuk sampah yang dapat dimanfaatkan kembali atau didaur ulang, dapat dibawa ke bank-bank sampah baik yang dikelola oleh masyarakat maupun oleh DLH sendiri.

"Di Nunukan sudah ada beberapa bank Sampah seperti yang ada di Depan Lapas Nunukan, di Mamolok dan juga Bank sampah di TPA Sei Bilal dan Bank Sampah Mobile milik DLH," terang Freddy.

Freddy menyebut sampah jenis kertas, kardus dan  botol plastik dapat dibawa ke bank sampah terdekat, masyarakat dapat menabung atau menjual sampahnya tersebut ke bank sampah. Sedangkan untuk jenis sampah organik dapat dijadikan kompos. Sampah yang dibuang ke TPS hanya sampah-sampah yang residu yang sudah tidak bisa diolah, dimanfaatkan atau dijual kembali, sehingga ini juga membantu beban TPA, itu yang menjadi target pemerintah sekarang.

"Senada dengaan tema HPSN tahun ini 'tuntas mengolah sampah untuk kesejahteraan  masyarakat' jadi tidak hanya soal lingkungannya tapi masyarakat juga mendapat hasil cuan dari sampahnya," tambahnya. 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS