SIMP4TIK News - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Nunukan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian gelar Lomba Asah Terampil dengan mengusung tema "Ajang Kompetisi Petani Berprestasi Se-Kabupaten Nunukan" yang berlangsung di Jl. Sei Jepun Kelurahan Mansapa, Sabtu (18/3).

Asa Terampil adalah upaya dari HKTI Kabupaten Nunukan untuk mengasah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dari para petani dalam menyikapi perkembangan informasi dan teknologi serta dinamika dibidang pertanian yang begitu pesat saat ini.

Ketua panitia Syamsiar menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk memahami secara utuh teknologi baru dalam bidang pertanian dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para petani dalam melaksanakan usaha tani sesuai dengan teknologi yang berkembang.

Lebih lanjut Syamsiar menjelaskan peserta kegiatan asah terampil adalah kelompok tani tingkat Kabupaten Nunukan perwakilan dari kelompok Tani diwilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian dengan jumlah peserta sebanyak 12 regu, yaitu dari Kecamatan Nunukan, Kecamatan Nunukan Selatan, Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sebatik Barat dan Kecamatan Sei. Menggaris.

Senada dengan itu Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid selaku ketua HKTI mengatakan, disamping untuk mengasah kemampuan dan keterampilan para petani kegiatan asah terampil ini juga untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong royong diantara anggota kelompok Tani. Dengan adanya kegiatan ini petani bisa saling kenal, saling belajar dan akhirnya bisa saling bantu membantu.

Lebih lanjut Laura berharap, meskipun berada diwilayah pinggiran, di daerah perbatasan namun para petani tidak boleh ketinggalan.

"Meskipun kita berada di wilayah pinggiran di daerah perbatasan namun para petani kita tidak boleh ketinggalan dan hanya menjadi penonton. Para petani harus mampu mengikuti semua perkembangan itu dengan baik, sehingga dimasa mendatang para petani kita makin produktif, makin maju  dan makin sejahtera," ucapnya.

Tak lupa Laura juga berharap agar kegiatan semacam ini bisa menjadi agenda rutin dari HKTI, sehingga para petani di Kabupaten Nunukan lebih bersemangat dalam bekerja.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS