Nunukan, SIMP4TIK - Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional (8 September 2024) dan Hari Kunjung Perpustakaan (14 September 2024), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan menggelar lomba membaca puisi tingkat SMP (kelas I, II dan III) dan lomba menggambar tingkat SD (kelas I dan kelas II) di Kantor DPK Nunukan, Sabtu (14/9/2024). 

Acara tersebut dihadiri Bunda Literasi Kecamatan Nunukan, dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nunukan.

Acara tersebut dibuka Bupati Nunukan, yang dalam hal ini diwakili Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala DPK Nunukan Erlina, ST., MAP, menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara lomba baca puisi dan menggambar yang diselenggarakan oleh DPK Nunukan yang juga bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nunukan dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional dan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2024.

"Saya berharap apa yang dilakukan oleh DPK Nunukan tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun kiranya dapat semakin memperluas jangkauan kegiatannya sehingga benar-benar dapat dirasakan dan menyentuh lapisan masyaraka," ujarnya. 

Erlina mengatakan tujuan dari pelaksanaan ini adalah bagaimana memperkenalkan perpustakaan itu sendiri kepada anak-anak maupun masyarakat dan ingin meningkatkan literasi Kabupaten Nunukan terutama gemar membaca. Literasi bukan hanya sekedar membaca dan menghitung tetapi juga bagaimana meningkatkan kreativitas anak. 

"Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dari DPK Nunukan dan adanya bantuan dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nunukan, serta adanya sponsor yang membantu untuk memberikan souvenir dari Wildan Collection," tutur Erlina.

Acara tersebut diikuti oleh 17 peserta untuk lomba puisi dan 28 peserta untuk lomba menggambar. DPK Nunukan telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Nunukan agar mengirimkan perwakilannya masing-masing dua siswa pada setiap lomba. 

Di waktu yang sama, DPK Nunukan juga memberikan hadiah menarik bagi pengunjung yang beruntung, dengan syarat hadir di Perpustakaan dan mengikuti akun media sosial Instagram, Facebook dan TikTok DPK Nunukan, pengunjung mengupload kegiatan di lingkungan kantor Perpustakaan pada tanggal 14 september 2024 di Facebook dan Instagram dengan menandai akun Facebook dan Instagram DPK Nunukan, serta wajib mengisi kuesioner dan memberikan saran terbaik untuk Perpustakaan Nunukan pada kode barcode yang telah disediakan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya membaca dan memanfaatkan perpustakaan. Perpustakaan diharapkan menjadi pusat aktivitas intelektual yang bisa diakses oleh semua kalangan.(*)

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom