Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan monitoring, pendataan dan pembinaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Perpustakaan desa dan Perpustakaan sekolah di Kecamatan Sebatik, Sebatik Tengah, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Tulin Onsoi dan Lumbis selama empat hari mulai 20 hingga 23 Agustus 2024. 

DPK Nunukan sebagai leading sektor dari Pemerintah daerah Kabupaten Nunukan yang melakukan pembinaan dan pemetaan, maka dari hasil monitoring, evaluasi dan pembinaan tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang begitu masif menyebabkan masyarakat dan pelajar di sekolah tidak tertarik lagi berkunjung ke TBM, perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah, dan lebih memilih beralih ke sistem digitalisasi untuk mendapatkan bahan bacaan yang dibutuhkan.

Bahkan, bahan bacaan yang ada sangat tidak mendukung sehingga tidak bisa menarik perhatian pengunjung. Selain itu, perpustakaan desa dan TBM tidak dikelola dengan baik sehingga membuat pengunjung kurang berminat untuk mendatangi perpustakaan desa dan TBM.

Pelaksanaan pembinaan dan pemetaan perpustakaan desa dan TBM dapat merubah paradigma perpustakaan desa dan TBM agar kembali eksis dan berkembang seperti yang diharapkan sekaligus bisa menjadi role model bagi perpustakaan lain yang ada di Kabupaten Nunukan jika dibina dengan baik.

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom