Nunukan, SIMP4TIK - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Nunukan telah menyediakan fasilitas cetak dokumen secara gratis bagi pelajar dan mahasiswa yang tidak mempunyai komputer/laptop dan printer. Terdapat dua komputer dan satu printer yang tersedia dan untuk kedepannya fasilitas tersebut akan ditambah. 

Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah terhadap pelajar dan mahasiswa melalui DPK Nunukan. Program ini sangat membantu masyarakat, khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin mencetak tugas atau dokumen penting lainnya. Syarat untuk mencetak di DPK adalah dengan membawa Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan. Bagi pelajar dan mahasiswa yang belum memiliki KTA Perpustakaan bisa langsung membuat kartu tersebut di meja pelayanan DPK hanya dengan membawa salah satu kartu identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA) atau pun kartu identitas diri yang berisi NIK. Pembuatan KTA perpustakaan ini pun gratis tanpa dipungut biaya.

"Dengan tersedianya fasilitas komputer dan printer untuk pelajar dan mahasiswa yang tidak memiliki perangkat tersebut, tentunya dapat membantu mempermudah pelajar dan mahasiswa tersebut dalam mengerjakan tugas sehingga mereka tidak perlu lagi ke warnet. Di samping itu juga dapat memfamiliarkan perpustakaan itu sendiri kepada pelajar dan mahasiswa sehingga sering berkunjung untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Nunukan," ujar Erlina, ST., M.AP selaku Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala DPK Nunukan.

Teks/Foto : Dea Sunia Monica Regiola (Tim Publikasi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN )

Editor : Asa Zumara, SS