SIMP4TIK News - Dua Pelaku UMKM Nunukan melakukan penandatanganan Single Purchase Statement (SPS) dengan salah seorang pengusaha Supermarket di Kota Tawau, Sabah Malaysia, Encik Bustamin.

SPS tersebut terkait rancangan Thamin Supermarket yang dikelola Encik Bustamin, berminat menerima pasokan jenis kuliner Pelaku UMKM asal Nunukan diantaranya, yaitu Regan Coklat (Coklat Karakter) dari Nunukan, Brownies Mocaf Crispy serta Sambal Dayak, untuk dipasarkan di Kota Tawau dan beberapa Wilayah Negara Bagian Sabah lainnya.

Pasca penandatanganan SPS yang disaksikan langsung oleh Kepala KJRI Kota Tawau, Heni Hamidah tersebut, menurut Ketua Umum Asppindo Kaltara, Novliana, saat ini ketiga pelaku usaha pengelola masing-masing kuliner itu menunggu order barang dari pihak buyer yang akan berlangsung nanti.

“Berdasar kesepakatan tertuang dalam SPS yang telah ditandatangani oleh masing-masing pihak, tiga produk kuliner dari wilayah Kalimantan Utara akan segera masuk dalam edaran pasar di wilayah negeri Sabah, khususnya Kota Tawau, melalui Thamin Supermarket” kata Noveliana, Minggu (8/10/2023).

Dua pelaku usaha dari Nunukan dengan masing-masing produk unggulannya, yaitu Rica Fatmawati penglola usaha Rumah Produksi Coklat Karakter dan Novi Anggreani pemilik usaha Raft Rasa dengan Brownies Mocaf Crispy.

Lainnya lagi produk Sambal Dayak, produksi Yuliatin dengan CV Taraban Berkah dari Kota Tarakan dengan, yang juga dilirik oleh buyer dari negara tetangga terdekat tersebut, diantara UMKM yang bernaung dibawah bendera Asppindo Kalimantan Utara.

Asppindo Kaltara didukung kuat oleh Asppindo Nunukan, belakangan ini memang gencar melakukan promosi pemasaran terhadap produk-produk UMKM dari Kaltara, tidak terbatas hanya di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri.

Mendampingi Novliana, Sekretaris Asppindo Nunukan, Robiyanti menegaskan soal Penandatangan SPS antara masing-masing pihak dilangsungkan Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Tawau, Sabah Malaysia, belum lama ini.

“Asppindo melihat sekaligus menangkap peluang kita sebagai sebagai daerah perbatasan terdekat dengan Malaysia untuk memasarkan produk-produk UMKM yang berkembang di wilayah Kalimantan Utara,” kata Robiyanti.

“Tinggal bagaimana para pelaku usaha kita mampu menciptakan produk yang memiliki daya saing yang baik mengingat Malaysia sendiri cukup terbuka untuk memasarkan produk-produk kuliner dari luar negara,” terangnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS