Nunukan, SIMP4TIK - Dukung bank sampah di Nunukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), hibahkan fasilitas baru untuk operasional pengolahan sampah.

Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nunukan, Irfan mengatakan tahun ini akan menghibahkan fasilitas  operasional pengolahan sampah kepada dua bank sampah di Nunukan.

"Kita akan menyerahkan fasilitas baru untuk bank sampah yang produktif dalam pengelolaan sampah, yaitu bank sampah karya bersama dan Borneo clean, selain itu mereka juga pernah mengikuti lomba dan menang," terang Irfan, Kamis (1/2/2024).

Menurut Irfan, fasilitas yang akan dihibahkan juga merupakan kebutuhan dari bank sampah seperti yang mereka ajukan dalam proposal yang diajukan ke DLH Kabupaten Nunukan.

"Mereka mengajukan proposal permohonan batuan untuk sarana mereka, seperti bank Sampah Borneo Bersinar mengambil sampah keliling, dan membutuhkan kendaraan mereka pun mengusulkan dan mendapatkan kendaraan," ujarnya.

Irfan menjelaskan pengadaan fasilitas baru pengolahan sampah tersebut dari bantuan keuangan (Bankeu) Khusus TAPE dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berbasis ekologi tahun 2023.

"Adapun fasilitas baru tersebut adalah motor gandeng dengan nilai sekitar Rp50 jutaan, open Rp4 jutaan, dan mesin pencacah sekitar Rp15 juta, sementara ini sedang berposes SK hibah, untuk bank sampah Borneo Clean, yang pernah mengikuti lomba membuat jam dari jam pelastik, dan merka menginginkan adanya open dan mesin pencacahnya untuk melebur pelastik agar dapat membuat jam yang skala besar dengan ukuran lebar satu meter," imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom