SIMP4TIK News - Upaya Pemerintah menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan serta menekan laju inflasi tahun 2023, Badan Pangan Nasional berkolaboratif dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Nunukan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara Serentak Nasional yang berlangsung di Depan Tugu Dwikora Alun - alun Nunukan, Senin (26/6).

Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S IP MSi mengatakan Dinas Pertanian tahun ini menganggarkan untuk stok pangan murah. Kabupaten Nunukan salah satu yang ditentukan untuk melaksanakan pangan murah yang merupakan agenda nasional yang dilaksanakan secara serentak pada sejumlah daerah di Indonesia.

"Hari ini Kementerian Pertanian resmi launching Gerakan Pangan Murah. Kegiatan ini adalah agenda nasional, akan tetapi disinkronkan dengan agenda kabupaten kota seluruh indonesia. Masyarakat juga luar biasa yah, belum satu jam sudah membludak. Harapan kita agar stok bisa mencover kebutuhan masyarakat nunukan," ujar Serfianus.

Sekda juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan gerakan pangan murah hari ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa menyediakan kebutuhan menjelang idul adha.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Muhtar, SH MSi menyampaikan bahan pokok yang disediakan pada gerakan pangan murah berupa beras sebanyak 2 ton, bawang merah dan putih 100 kg, minyak goreng 1.000 kg dan gula pasir 1.000 kg.

"Bahan pokok yang dijual tidak semua bahan lokal, contohnya minyak goreng adalah produk malaysia karena tersedia kemasan 1 kg. Sementara minyak lokal hanya tersedia kemasan 5 kg. Dari semua bahan pokok yang dijual kita diberi target subsidi Rp. 2.000/kg," pungkasnya.

Jainab yang merupakan salah satu masyarakat yang memborong bahan pangan tersebut akui merasa senang adanya gerakan pangan murah. Selain selisih harga bahan pangan yang disediakan, lokasinya juga terjangkau.

Adapun kebutuhan bahan pokok yang dijual pada kegiatan Gerakan Pangan Murah ini diantaranya, beras 10 kg dengan harga Rp. 110.000/kg, bawang merah Rp. 36.000/kg, bawang putih Rp. 37.000/kg, telur Rp. 58.000/piring, gula pasir Rp. 13.000/kg dan minyak goreng Rp. 13.000/bungkus.(*)

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom