Nunukan, SIMP4TIK - Wakil Bupati Nunukan  Hanafiah didampingi oleh Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah  Budi Marjoko, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnasi) 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025  di Jakarta Convention Center (JCC),  Jakarta, Senin (6/5/2024). 

Musrenbangnas yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan mengusung tema " Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif dan Berkelanjutan". Penyusunan RKP 2025 ini mengacu pada Undang - undang (UU) No. 25 tahun 2024 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional  dan dihadiri oleh kepala daerah se - Indonesia

Dalam amanatnya Presiden Jokowi  menyampaikan bahwa saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah serta tantangan yang tidak gampang. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya 3,2  persen, dampak dari COVID-19 juga masih terasa sampai sekarang. 

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa beberapa negara  telah masuk pada posisi menuju resesi. Oleh karena itu dikatakan Jokowi, diperlukan kehati - hatian dalam mengelola fiskal dan mengelola anggaran.

"Jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang sudah dibuat dan skala prioritas juga harus diperhatikan," imbuhnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang, bahkan sudah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan masuk ke tahunan masing-masing daerah dan telah memiliki RKP. 

Oleh sebab itu, Jokowi berpesan agar rencana kerja tersebut atau rencana yang telah disusun oleh pemerintah harus  benar-benar sinkron. 

Sementara itu, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah mengimbau kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam menyusun program daerah.

"Sesuai dengan amanat presiden Jokowi, mari kita menyusun APBD dan program kita dengan menggunakan skala prioritas agar benar-benar tepat sasaran dan dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nunukan," tegas hanafiah.

Di kesempatan itu juga Wabup Hanafiah mengajak seluruh kepala OPD untuk terus berinovasi supaya ekonomi kerakyatan yang dimiliki oleh masyarakat dapat terangkat sesuai dengan yang diharapkan.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim