NUNUKAN, SIMP4TIK- Wakil Bupati (Wabup) Nunukan, Hanafiah minta partisipasi masyarakat dalam proses penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nunukan tahun 2025.

Sebelumnya Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan menggelar konsultasi publik penyusunan Ranwal RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2025.

Adapun Ranwal RKPD tahun 2025 tersebut mengambil tema 'Peningkatan Produktivitas Unggulan Daerah dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kabupaten Nunukan', Senin (26/02/2024)

Hanafiah mengatakan proses penyusunan RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2025 dilaksanakan secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi.

"Penyusunan RKPD harus menjaring aspirasi masyarakat untuk mengoptimalkan hasil pembangunan. Untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting," kata Hanafiah

Menurut Hanafiah partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan.

Tentu kata dia harus juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder dalam menentukan arah pembangunan daerah.

Lebih lanjut Hanafiah menyampaikan bahwa Kabupaten Nunukan saat ini akan menyusun tiga perencanaan sekaligus.

Diantaranya RPJPD selama 20 tahun dan RPJMD teknokratik yang saat ini memasuki tahapan perencanaan RKPD tahun 2025.

"Ke depan kami harus lebih fokus. Perencanaan program harus dimulai dari permasalahan di masyarakat sehingga ada hubungannya dengan program kegiatan yang akan dimulai," tutup Hanafiah.(*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS