Nunukan, SIMP4TIK - Hari Pers Nasional (HPN) selalu diperingati setiap 9 Februari. Peringatan ini selalu dihadirkan setiap tahunnya sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI).

Tema Hari Pers Nasional 2024 adalah "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa". Tema ini dipilih tentu dalam rangka pesta demokrasi dalam suasana pemilu 2024. Hal ini dimaksudkan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah kegaduhan situasi politik yang terjadi.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid memberikan ucapan selamat kepada seluruh insan pers terkhusus pers yang bekerja di Kabupaten Nunukan.

“Saya, Bupati Nunukan mengucapkan selamat hari pers nasional tahun 2024, semoga pers nunukan selalu jaya dan profesional,” ujarnya saat ditemui usai mengikuti acara doa bersama di Gor Dwikora, Jumat (9/2/2024).

Menurut Laura, pers sangat penting. Selain menjadi alat kontrol di pemerintah daerah, pers juga menjadi sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat nunukan. Baik dari sisi pemberitaan yang ada di pemerintahan itu sendiri atau isu yang terjadi di tengah masyarakat.

“Dengan adanya pers ini, kita merasa terbantu juga disamping adanya sosialisasi dan aturan-aturan atau tentang rencana pembangunan pemerintah kedepannya,” beber Laura.

Selanjutnya, terkadang Bupati Nunukan mendapatkan informasi berita bukan langsung dari bawahannya, akan tetapi informasi itu dapat dari pers. Pers sendiri menurut bupati sangat penting untuk nunukan. 

Melalui momentum HPN ini juga, Bupati berharap insan pers yang ada di Kabupaten Nunukan dapat bekerja dengan baik. Menjadi pers yang bisa menebar informasi yang benar untuk publik dan sebagai media edukasi.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom