SIMP4TIK News - Harga barang kebutuhan pokok di pasar setelah Idul Fitri 1444 H, terpantau masih normal. tidak ada terjadi lonjakan harga sembako 4 hari pasca lebaran, begitu juga dengan ketersediaan barang pokok masih dianggap cukup.

Hal tersebut dipastikan setelah Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Nunukan Melakukan  pengecekan harga serta ketersediaan barang sembako di Pasar Sentral Inhutani Nunukan, Rabu (26/4/2023).

Kepala Bidang Perdagangan DKUKMPP Kabupaten Nunukan, Dior Frames mengatakan pihaknya rutin melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang pokok, untuk memastikan harga stabil dan barangnya juga tersedia.

"Pengawasan harga dan ketersediaan barang sembako kami lakukan terutama menjelang dan setelah perayaan hari besar keagamaan, seperti pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” terang Dior.

Menurut Dior itu dilakukan, sebagai antisipasi untuk menjaga kestabilan harga dan barang, karena pada perayaan lebaran kebutuhan sembako oleh masyarakat akan meningkat drastis.

Dan dapat terjadi kekosongan atau kelangkaan yang berdampak pada kenaikan harga baran mengingat kebutuhan sejumlah barang sembako di daerah ini masih tergantung pada pasokan dari Sulawesi.  

Namun, kata Dior dari pantauan setelah beberapa hari lebaran ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat masih aman begitu juga dengan harganya sama seperti sebelum lebaran.

Jika ditemukan, terjadi kekosongan barang sembako atau persediaan yang menipis maka, dari Bidang Perdagangan DKUKMPP secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak distributor lokal guna segera melakukan pemesanan ke distributor daerah pemasok.

"Sampai saat ini aman ya, ketersediaan barang sembako di Nunukan juga tidak mengalami kenaikan yang signifikan, hal tersebut karena ketersediaan barang yang sebelumnya masih cukup, juga akan ada pasokan lagi dengan masuknya kapal pengangkut barang dari Sulawesi," Imbuh Dior.(*)

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS