SIMP4TIK News - Majelis Pimpinan Cabang Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda Kabupaten Nunukan akan menggelar dialog interaktif, yang dijadwalkan pada Jumat (25/8) di Ballroom Café Sayn Nunukan. 

Ketua Cabang ICMI Muda Kabupaten Nunukan Muhammad Nur Arisan, menyebut pada kegiatan dialog interaktif dengan tema "Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dan Dukungan Kepada Aparat Keamanan Dalam Menangani Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Nunukan" ini menghadirkan 3 pejabat dari instansi terkait, sebagi narasumber.

Narasumber tersebut adalah Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia, Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, Kepala BP3MI Kombes Pol, F.J. Ginting.

Acara yang akan dimulai pada pukul 09.00 tersebut rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE MM PhD.

"Kami sudah mengundang Bupati Nunukan untuk hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut," ucap Muhammad Nur Arisan.

Selain itu, kata Muhammad Nur Arisan, mereka juga mengundang 50 peserta lainnya dari berbagi instansi pemerintahan seperti Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nunukan, instansi vertikal seperti KSOP, Imigrasi dan BP3MI, bahkan organisasi-organisasi diantaranya KNPI, GMKI Cabang Nunukan, IKMI Sulsel Nunukan dan PM NTT.

"Kami mengundang unsur pemerintahan, organisasi, agen kapal dan speed, semua yang bersentuhan dalam penanganan TKI di Nunukan," ujarnya.

Muhammad Nur Arisan mengatakan tujuan kegiatan ini, bagaimana setiap stakeholder ini dapat berkolaborasi dalam penanganan TKI sehingga tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Lapangan, yang berujungan pada Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

"Instansi pemerintahan yang berperan sebagai instansi yang legal, intinya kita ingin memetakan PMI di Nunukan bagaimana dalam penanganan-penangannya sehingga tidak ada lagi yang ilegal dan menjadi korban TPPO," imbuhnya.

 

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom