SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE MSi hadiri  acara Kick Off Inovasi sekaligus Launching Kamus Bahasa Tidung yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten di Ruang Rapat VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Selasa (13/12).

Hanafiah mengatakan launching Kamus Bahasa Tidung adalah salah satu cara untuk melestarikan kekayaan budaya suku Tidung, sebagai suku asli di wilayah Kalimantan Utara, termasuk wilayah di Kabupaten Nunukan.

"Keberadaan kamus ini diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat Tidung, terutama para generasi muda untuk tetap menggunakan bahasanya sendiri. Karena akhir - akhir ini ada kecenderungan anak- anak kita mulai enggan menggunakan bahasa daerahnya sendiri," tuturnya.

Menggunakan bahasa daerah bukan berarti menunjukkan semangat eksklusivisme yang buta. Namun semua itu dilakukan untuk tetap menjaga agar bahasa dan budaya asli kita sendiri tidak hilang ditelan jaman.

Menurut Hanafiah, kegiatan ini sangat penting bagi Kabupaten Nunukan karena Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Nunukan masih banyak yang harus dibenahi. Membaca buku berarti kita sedang bermimpi dengan mata terbuka. Kalimat bijak ini seolah menegaskan betapa berharganya sebuah buku bagi kehidupan.

Buku adalah jendela peradaban, karena hanya dengan membaca buku kita dapat menyerap berbagai jenis ilmu pengetahuan dan merasakan pengalaman rohani yang luar biasa. Dengan sistem tata kelola buku yang baik, diharapkan buku - buku itu didistribusikan secara teratur kepada anak-anak untuk dibaca, sehingga bisa menambah wawasan dan pengalamannya.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS