SIMP4TIK News - Penyediaan internet gratis untuk masyarakat Kabupaten Nunukan tahun anggaran 2023  mendapatkan dukungan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Kalimantan Utara. Informasi membahagiakan ini disampaikan Rahmansyah SKom, staf Bidang Informatika Diskominfo Kabupaten Nunukan kepada SIMP4TIK News  melalui pesan WhatsApp setelah mendapatkan informasi dari koleganya dari Diskominfo Kaltara, Kamis (19/1).

Lokasi yang akan mendapatkan layanan internet publik secara gratis (wifi public)  ini, tambah Rahman,  yaitu Pelabuhan Liem Hie Jung, Cafe Pesisir Pasar Malam, GOR Sei Sembilang, Paras Perbatasan , Kantor Camat Lumbis, SMP Negeri 1 Sebatik dan Rumah Sakit Pratama Sebatik.

“Wifi Publik  disiapkan Diskominfo Kaltara kerjasama dengan  PT Telkom pada lokasi yang dilalui kabel fiber optik milik PT Telkom,” jelas Rahmansyah.

Mendapatkan informasi ini, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih. “Alhamdulillah kita ucapkan terima kasih karena apa yang sudah kita komunikasikan ke Provinsi telah  mendapatkan jawaban. Harapan kita sebenarnya bila perlu internet publik ini dapat menjangkau disebagian besar masyarakat kita, tapi kita sadari investasi untuk bidang ini sangat mahal. Saya percaya kehadiran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, kedepan layanan internet melalui wifi public menjangkau secara luas ruang-ruang publik,” harapnya.

Laura menambahkan sejak tahun anggaran 2022 Pemerintah Daerah melalui Diskominfo membangun jaringan internet yang menghubungkan perangkat daerah yang ada di pulau Nunukan dan sudah memberikan layanan internet secara terpusat.

“Pembangunan jaringan dan layanan internet secara terpusat ini dalam upaya mempercepat penerapan e-government atau pelayanan pemerintahan berbasis elektronik untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, kecepatan dan berbiaya murah kepada masyrakat untuk mendapatan pelayanan,” ujarnya.

Adanya dukungan dari Diskominfo Provinsi Kaltara menurut alumni Program S3 Universitas Utara Malaysia Selangor tahun 2022 ini akan bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Alhamdulillah, kita membenahi dulu infrastruktur dan layanan internet di perangkat daerah didukung layanan internet publik dari provinsi maka program e-government dalam berbagai layanan publik di Kabupaten Nunukan akan semakin baik,” katanya. (*)

Teks/Foto : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS