SIMP4TIK News - Wakil Bupati Nunukan sekaligus Ketua Kwarcab Nunukan H. Hanafiah, SE MSi menjadi Inspektur Upacara pada pelaksanaan Hari Pramuka ke - 62 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan. Untuk pesta siaga Jambore Ranting ini bertemakan “Pramuka Siaga Terampil dan Gembira” bertempat di Buper Pramuka Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Selasa sore (5/9).

Mengawali sambutannya, Ketua Kwarcab Nunukan menyampaikan rasa bangga dan senang dengan kegiatan perdana tersebut, ditambah lagi kini sudah memiliki Buper meskipun dengan kondisi serba terbatas, akan tetapi tidak terkalahkan dengan semangat juang yang tinggi dari peserta jambore ranting.

“Semoga diwaktu akan datang kondisi buper ini dapat kita benahi secara perlahan. Dengan harapan, buper ini layak kita jadikan lokasi kegiatan ke pramukaan,” harap Hanafiah.

Lanjut, Hanafiah juga meminta kepada peserta pramuka agar tetap semangat untuk menjadi pramuka. Terlebih lagi pramuka itu ilmunya sangat komplit, bahwasannya ilmu di pramuka itu dapat digunakan untuk kegiatan maupun menempuh atau melanjutkan pendidikan. 

“Gerakan pramuka diyakini mampu membentengi generasi muda dari pergaulan bebas, narkoba dan perbuatan lainnya,” tambahnya.

Disamping itu juga, Hanafiah mengatakan, pramuka merupakan tempat pembentukan karakter usia dini. Tidak ada lagi kesulitan jika ingin memasuki sekolah kedinasan, baik di IPDN, Kepolisian, ataupun TNI. Pengetahuan dasar sudah didapatkan di pramuka.

Sementara itu, salah satu peserta pramuka Muhammad Awal Ramadhan siswa SDN 002 Nunukan Selatan mengatakan bahwa untuk mengikuti kegiatan pramuka ini adalah terutama kesehatan kemudian persiapan atribut pramuka.

Salah satu panitia menyampaikan jumlah peserta jambore ranting anggota penggalang tingkat SD dan SMP se - Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan sebanyak 592 orang dan pembina damping sebanyak 74 orang dengan jumlah keseluruhan 666 orang.

Teks/Foto : Hermi Mastura, S,I.Kom (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom