Nunukan, SIMP4TIK – Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah (Setda) Nunukan mengikuti kegiatan “Temu Koordinasi dan Sinergi Protokoler Provinsi Kalimantan Utara” yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kegiatan yang dilaksanakan di Bali selama 4 hari tersebut dimulai tanggal 20-23 Mei 2024, diikuti oleh puluhan Peserta dari Bagian Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kota (Pemkot), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan TNI-Polri  se Kaltara. 

Kepala KPwBI Provinsi Kaltara, Wahyu Indra Sukma mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, supaya engagement keprotokolan di lingkungan Provinsi Kaltara ini erat dan kompak.

”Untuk nantinya, juga saling membantu dan membawa kepentingan masing-masing menjadi baik,” ucapnya.

Sementara, bagian Protokol KPwBI Provinsi Kaltara, Maruli mengatakan dalam kegiatan “Temu Koordinasi dan Sinergi Protokoler Provinsi Kalimantan Utara, diikuti sebanyak 30 peserta dari bagian protokol pada pemerintahan Sipil, maupun TNI-Polri se Kaltara.

“Masing-masing dari pemda, pemkot, pemprov dan TNI-Polri di Kaltara, mengirim pesertanya,” ujar Maruli, Jumat (24/05/2024). 

Pada kegiatan tersebut BI menghadirkan Narasumber dan pemateri professional yaitu Kepala Bagian Protokol KEMENDAGRI Firmansyah Rasyid, S.IP., M.A.P dengan materinya Manajemen Keprotokolan.

Disesi lain ada  Putu Dessy Fridayanthi, S.T.,M.I.Kom dengan materinya Speak with confidence Public Speaking Training. 

“Harapan semoga sinergi dan kekompakan ini dapat membantu tugas Bank Indonesia sebagai Bank Sentral di Provinsi kaltara,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bagian Prokompim Setda Nunukan Joned, berterima kasih kepada BI Kaltara telah mengundang tiga orang staf dari  Bagian Prokompim untuk mengikuti giat BI di Bali tersebut.

“Memang ada 3 staf kita yg ikut, atas undangan dari BI Kaltara. Kita berterima kasih karena BI memfasilitasi kegiatan tersebut, dimana kita tau untuk lingkup Pemda sendiri, peningkatan kapasitas SDM untuk bidang kehumasan dan keprotokolan memang jarang dilaksanakan secara internal,” ungkapnya.

 ”Harapan kita dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan di Bidang Kehumasan dan Keprotokolan, sekaligus menambah jejaring kerja,” imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom