SIMP4TIK News - Menindaklanjuti program Perwira PMI tersebut, Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kabupaten Nunukan menyiapkan sebanyak 8 calon pengurus Perwira PMI untuk mengikuti pelantikan yang direncanakan pada 24 Desember 2023 mendatang. Adapun rapat persiapan pembentukan perwira PMI tersebut di laksanakan di ruang rapat Kantor BP3MI Nunukan, Jl. Tien Soharto No.21, Nunukan Timur Kabupaten Nunukan. Senin (13/11).

Diketahui BP3MI menginisiasi terbentuknya Kawan PMI dan Perwira PMI sebagai wadah kolaborasi antar mitra pelindungan.

PMI dan masyarakat, yang resmi dikukuhkan oleh Kepala BP2MI, Benny Rhamdani di Grand Sunshine Soreang, Kabupaten Bandung, pada Sabtu, (22/7).

Kepala BP3MI Nunukan Kombes Pol F Jaya Ginting mengatakan Perwira PMI dibentuk sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi purna PMI dan keluarganya.

Hal ini kata Kombes Pol F Jaya Ginting perlu dilakukan agar para purna PMI yang kembali ke kampung halamannya tidak menjadi pengangguran.

Di sisi lain, Kombes Pol F Jaya Ginting berharap Perwira PMI dapat menularkan kesuksesan usahanya kepada para purna PMI yang ingin memulai usaha sesuai minatnya masing-masing.

"Jadi Perwira PMI bisa kita jadikan narasumber untuk memberikan edukasi kepada para purna PMI. Kalau modal mereka kurang nanti difasilitasi oleh Perwira PMI melalui BP3MI Nunukan agar bisa ajukan KUR (kredit usaha rakyat) ke bank yang sudah MoU sebelumnya dengan kami," tuturnya.

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom