SIMP4TIK News - Dalam rangka meningkatkan budaya gemar membaca sejak dini dan memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Nunukan yang ke - 23, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nunukan melaksanakan lomba bertutur / bercerita bagi siswa siswi Sekolah Dasar / Madrasah ibtidaiyah sederajat tingkat Kabupaten Nunukan tahun 2022. Kegiatan ini di laksanakan di Taman Baca ADIL (samping dinas perpustakaan dan kearsipan nunukan) pada jam 08.30 WITA. Sabtu, (29/10).

Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nunukan Joko Santosa, SH sekaligus mewakili Bupati Nunukan dalam sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan lomba bertutur / bercerita. Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kaharuddin, SS serta para kepala sekolah dan para juri lomba. 

Adapun lomba yang di adakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nunukan merupakan rangkaian program agenda perpustakaan nasional. Maka juara 1 pada lomba bercerita tahun ini akan mewakili Kabupaten Nunukan untuk ikut lomba bercerita tingkat Provinsi Kaltara pada 2023. Tema lomba pada tahun ini adalah "tumbuhkan rasa cinta tanah air dengan mencintai budaya Nusantara melalui cerita rakyat".

"Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menumbuh kembangkan niat membaca anak-anak serta menanamkan rasa cinta terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku, membina bakat dan melatih anak-anak untuk memiliki mental kreatif, inovatif dan siap berkompetisi," ujar Ketua panitia Elirath juga selaku Kabid Perpustakaan.

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan mengatakan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak - anak tersebut, maka tentu saja butuh dukungan dari semua pihak, mulai dari orang tua, guru - guru di sekolah, dan masyarakat di sekitarnya. "saya menyambut baik kegiatan lomba bertutur tingkat SD dan MI kali ini sebagai upaya pemerintah untuk menumbuhkan minat membaca buku di kalangan pelajar. Kita berharap, dari lomba ini akan lahir para penutur - penutur cilik yang potensial, dan bisa mewakili Kabupaten Nunukan di event - event yang lebih tinggi lagi," pungkas Laura yang di bacakan oleh kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan nunukan. (*)

Teks/Foto : Soni Irnada (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom