Nunukan, SIMP4TIK - Bupati Nunukan H. Irwan Sabri, SE menghadiri Sosialisasi dan Evaluasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan yang dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berlangsung di Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis, (15/5/2025)
Dalam paparan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Utara, Maria Ulfa menyampaikan bahwa hasil penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 Kabupaten Nunukan kembali masuk dalam kategori zona hijau.
"Pagi ini kami akan menyampaikan bahwa hasil penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 Kabupaten Nunukan kembali masuk dalam kategori zona hijau kualitas tertinggi dengan nilai 92,19 atau kategori A," ucapnya.
Penilaian ini mencakup tujuh unit layanan utama yang menjadi indikator mutu pelayanan di daerah. Berikut rincian nilai dari masing-masing unit layanan diantaranya Dinas Kesehatan dengan nilai 95,59, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) nilai 94,45, Dinas Sosial nilai 94,13, Dinas Pendidikan dengan nilai 93,88, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 90,66, Puskesmas Long Bawan nilai 88,54, dan Puskesmas Sungai Taiwan nilai 88,06.
Sementara Bupati Irwan mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab apapun yang diberikan kepada ASN, melekat fungsi pelayanan didalamnya. Perbedaannya ada yang bertugas menyelenggarakan pelayanan langsung kepada masyarakat dan ada yang bertugas memberikan layanan pendukung guna memastikan layanan langsung kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik.
Ditegaskan Irwan, pelayanan publik adalah wajah pemerintahan. Sehebat dan sebanyak apapun prestasi dan penghargaan yang diperoleh diberbagai bidang, jika pelayanan publik kita kepada masyarakat tidak baik atau tidak memuaskan, maka penghargaan apapun itu menjadi kurang efektif.
Melihat hasil paparan yang disampaikan oleh pihak Ombudsman, Bupati Irwan berpesan kepada seluruh kepala OPD yang menjadi sampel/ lokus evaluasi dan rekomendasi yang telah diberikan oleh Ombudsman agar segera ditindaklanjuti.
"Saya berharap dimasa pemerintahan saya etos kerja kita semua semakin meningkat, mari kita pertahankan apa yang telah kita raih saat ini semoga kedepannya bisa lebih meningkat lagi," pungkasnya.(*)
Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )
Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom