SIMP4TIK.News - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Tarakan menggelar Pekan Panutan Validasi dan Pelaporan SPT tahunan di ruang rapat lantai 4 Kantor Bupati Nunukan yang di hadiri oleh Sekda, Kepala OPD dan perwakilan Instansi vertika Kamis (23/2).

Pelaksanaan kegiatan ini disambut baik Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM PhD seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah Serfianus SIP MSi. Serfianus mengungungkap hampir 80% penerimaan negara saat ini masih di topang pembayaran pajak masyarakat, baik pajak pribadi maupun pajak korporasi.

"Pajak adalah instrumen penting dan tulang punggung bagi kuangan negara apabila penerimaan dari sektor perpajakan menurun makan akan berpengaruh kepada kondisi anggaran pendapatan dan belanja negara," katanya. 

Serfianus menjelaskan pentingnya pajak dalam menunjang keuangan negara maka  komitmen dari seluruh masyarakat untuk taat dan tertib membayar pajak sangat diharapkan. 

"Meskipun pajak adalah kewajiban namun edukasi kepada masyarakat tentang pajak harus di lakukan dengan cara-cara yang santun, sederhana, mudah diterima masyarakat," katanya. 

Menurut Serfianus, elain edukasi dan sosialisasi ketaatan masyarakat dalam membayar pajak juga harus di bangkitkan melalui keteladanan, maka di titik inilah peran pemerintah, ASN, dan pengusaha-pengusaha besar perannya sangat dibutuhkan.

Nara sumber dari KPP Tarakan Gerrits Parlaungan Tampubolon menyampaikan  banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Forkopimda yang telah m,enyambut dengan hangat pelaksanaan kegiatan ini.

Gerrits  juga menyampaikan perolehan pajak yang dicapai di tahun 2022 yang dimana ekonomi membaik sehingga penerimaan pajak secara nasional bisa mencapai 1484,9 terliun atau setara dengan 115,59% dari yang di targetkan oleh APBN.

"KPP  Tarakan  capaiannya lebih baik lagi mencapai 131%  sama dengan 1 terliun 76 miliar maka dalam hal ini patut kita bersama-sama syukuri. Di Nunukan sendiri yang paling tinggi perolehannya iyalah PNPNBN yaitu 187 M, selama tahun 2022 konsumsi dan transaksi di kabupaten Nunukan meningkat dengan sangat tinggi," ungkapnya. (*) 

Teks/Foto : Asrul (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS