Lumbis, SIMP4TIK – Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan menjadi tuan rumah pertemuan rumpun murut dari tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam, pada Ilau Pasisipungan II pada bulan Juli mendatang.

Camat Lumbis, Rusmansyah mengatakan, untuk suksenya kegiatan tersebut sejumlah persiapan telah dan terus dilakukan oleh panitia penyelenggara kegiatan tersebut.

"Sejumlah persiapan telah dilakukan, seperti armada kita sudah menyiapkan 40 armada untuk penjemputan dari daerah Lumbis Pansiangan, perbatasan Malaysia itu menuju Mansalong, Kecamatan Lumbis, dan untuk mengetahui sejauh mana persiapan dalam waktu dekat kami Kembali adakan rapat kerja masing-masing seksi untuk menindaklanjuti sesuai dengan bidang-bidang yang mereka tangani nanti,” ujarnya, Selasa (25/6/2024).

Menurut Rusmansyah Ilau Pasisipungan merupakan agenda besar karena akan menghadirkan rumpun dari  tiga negara.

“Kami baru menerima informasi jumlah tamu dari Malaysia diperkirakan sekitar 500 orang, termasuk pejabat tinggi di negara tersebut. Sementara dari Brunai Darussalam belum ada konfirmasi jumlah peserta yang akan hadir,” ungkapnya.

Rusmansyah menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk silahturahmi antar rumpun murut yang memiliki etnis tersebar di tiga negara tersebut.

“Ilau ini adalah satu silatuhrahmi, ikatan, satu rumpun, dari rumpun murut yang tergabung dari beberapa etnis di Indonesia, seperti Dayak Agabag, Tenggalan, Tidung, Tahol, Akolod, Brusu, Punan dan Bulungan,” imbuhnya.

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Asa Zumara, SS