Nunukan, SIMP4TIK - Kendaraan hias milik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Nunukan berhasil menjadi yang terbaik dan meraih juara 1 dalam lomba Pawai Budaya HUT ke 25 Kabupaten Nunukan tahun 2024 kategori kendaraan hias yang diumumkan pada Kamis (08/09/2024) malam.

Kendaraan hias dari Bakesbangpol Nunukan meraih juara 1 setelah tampil dengan Replika Burung Garuda dan lambang Pancasila.

Sedangkan untuk juara ke 2 diraih kendaraan hias milik Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), juara ke 3 dari Lapas kelas IIB Nunukan dan dari  juara harapan dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Untuk kategori pejalan kaki dari kelompok Sekolah Dasar, juara 1 SDN 004, juara 2 SDN 003, juara 3 SDN 005 dan juara harapan diraih SDN 007.

Untuk kategori SMP, juara 1 SMPN 1, juara 2 SMPN 2, juara 3 SMPN 1 Nunukan Selatan dan juara harapan dirain SMPN 4 Nunukan Selatan.

Dan untuk kategori SMA, juara 1 SMA Katolik Frateran ST, Gabriel, Juara 2 dari SMA Muhammadiyah.

Sedangkan untuk kategori umum, juara 1 UPT Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara, juara 2 Bangen Tawai, juara 3 Dinas Pendidikan Nunukan dan juara harapan dari Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Nunukan.

Ketua panitia pelaksana Sudirman mengatakan, untuk peserta pejalan kaki dan kendaraan hias yang ikut pada Pawai Budaya tahun 2024, yang dilaksanakan pada Sabtu (20/07/2024) lalu,  semua dinilai dan ditentukan pemenangnya oleh para juri dari Disbudporapar, Satgas Pamtas, guru serta seniman.

“Ada 5 orang juri yang menilai dari keberagaman kebudayaan, barisan, kekompakan, kedisiplinan dan semangat mulai dari start hingga finish, dan paling utama adalah kreatifitas sesuai tema dengan tetap berpedoman dengan kesopanan dan keunikan," terangnya .

Dan terkait kurangnya peserta dari kategori pelajar SMA/SMK, Sudirman tidak mengetahui pasti ketidak ikut sertaan perwakilan sekolah tersebut.

“Untuk kategori SMA hanya diikuti 5 perwakilan saja sehingga juri hanya memilih yang terbaik yaitu hanya 2 juara saja,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Sudirman mengharapkan tahun depan peserta SMA/SMA dan Umum lebih banyak lagi mau ikut andil atau berpartisipasi dalam perayaan HUT Kabupaten Nunukan, agar kegiatan ini bisa lebih semarak dan terjalin kekompakan serta silaturahmi dengan masyarakat Nunukan dari berbagai wilayah.

 

Teks/Foto : BD Novelinna (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Hermi Mastura, S,I.Kom