Nunukan, SIMP4TIK - Tim Survey Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada melakukan Survey ke lokasi yang rencananya akan menjadi lokasi KKN yakni di Kecamatan Sebatik Timur. Tim Survey disambut baik oleh Sekretaris Daerah Serfianus bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di rumah jabatan Sekda, Kamis (6/6/2024) malam.

Sekretaris Daerah Serfianus  menjelaskan secara singkat kondisi geografis kabupaten nunukan khususnya sebatik timur  yang akan menjadi lokasi KKN  yang merupakan daerah perbatasan. Dikatakan Serfianus, sebagai lokasi perbatasan pulau sebatik juga mempunyai tingkat kerawanan yang sangat besar seperti pengaruh narkoba. Oleh karena itu Serfianus berpesan kepada mahasiswa yang akan melakukan KKN supaya berhati-hati dan tidak terpengaruh oleh pergaulan yang bisa merugikan diri sendiri

"Saya berpesan kepada Adik-adik yang akan melaksanakan KKN agar berhati-hati, karena seperti diketahui kabupaten nunukan khususnya pulau sebatik itu merupakan tempat pelintasan keluar masuknya narkoba, " Ujar Serfianus.

I Made Andi Arsana selalu Dosen Pembimbing  menyampaikan secara umum UGM mempunyai empat bidang program studi yakni Sains, teknologi,  bidang kesehatan, dan Sosial. Dikatakan Made tugas utama yang diberikan oleh pihak UGM dalam melakukan KKN di Sebatik adalah bagaimana membangun sumber daya manusia (SDM) dengan mendorong dan memberikan pemahaman kepada  orang tua supaya  anak - anak pulau sebatik tetap melanjutkan sekolah / kuliah. Diyakini Made banyak "mutiara-mutiara"  daerah  mempunyai bakat yang harus diberikan kesempatan.

"Tugas penting kami melakukan KKN di Pulau Sebatik adalah mencari mutiara - mutiara daerah yang tersembunyi untuk diberikan kesempatan melanjutkan sekolah demi masa depan yang lebih baik , " Ucapnya

 Acara dilanjutkan dengan mendengarkan  program dari masing-masing OPD yang nantinya dapat  membantu maupun dijadikan bahan bagi mahasiswa KKN dari UGM yang rencananya akan dilaksanakan pada 1 Juli - 19 Agustus 2024 mendatang.

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Ilham Waskitho, S.Tr. Anim