SIMP4TIK News -  Asisten Pemerintahan dan Kesra Abdul Munir SE MSi menghadiri kegiatan Kick Off penanaman mangrove  yang digelar Kodim 0911/Nunukan bertempat di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat, Senin (15/5).

Kegiatan Kick Off penanaman mangrove nasional ini bukan hanya di Kabupaten Nunukan tetapi berlangsung di seluruh Indonesia secara serentak dan dipimpin langsung oleh Presiden  Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara virtual dari Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara.

Mewakili Bupati Nunukan, Abdul Munir menjelaskan manfaat hutan mangrove, diantaranya adalah sebagai rantai makanan dalam sebuah ekosistem, membuat air disekitar menjadi jernih, melindungi pantai, mencegah erosi pantai dan masih banyak lainnya.

"Dengan melihat manfaatnya yang begitu besar, keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai menjadi amat penting keberadaannya. Namun sayangnya, akhir - akhir ini banyak hutan mangrove yang mulai terdesak keberadaannya dan semakin susut," ungkapnya.

Lebih lanjut Munir menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI angkatan darat yang memiliki upaya dengan gerakan penanaman mangrove secara serentak.

"Saya berharap dengan adanya penanaman mangrove ini bisa memotivasi masyarakat secara keseluruhan untuk memiliki kesadaran dalam melestarikan, merawat, memelihara bahkan mengembangkan kawasan mangrove di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0911  Nunukan, Letkol  Inf Albert Fransteca  Hutagalung, M. Han mengatakan  pelestarian mangrove merupakan salah satu perintah dari Presiden. Namun masih ada masyarakat yang melakukan pengrusakan mangrove demi kepentingan perorangan maupun kelompok.

"Kami seluruh Forkopimda yang ada di Kabupaten Nunukan berharap agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Jangan ada lagi masyarakat atau oknum - oknum tertentu yang melakukan perusakan mangrove khususnya di Kabupaten Nunukan," ucapnya.

Selain itu, Letkol Albert juga berharap program penanaman mangrove ini bisa dilaksanakan di seluruh Kecamatan yang berada di daerah pesisir Kabupaten Nunukan.(*)

Teks/Foto : Masdiana (Tim Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN )

Editor : Kaharuddin, SS